• SEKITAR KLAB JAZZ

    KlabJazz adalah sebuah perkumpulan sekelompok kecil peminat musik jazz yang mengemban dirinya dengan misi memasyarakatkan musik jazz melalui beragam kegiatan.

    Gagasan KlabJazz dilontarkan Oleh Dwi Cahya Yuniman (yang didukung sepenuhnya oleh alm. Sudibyo PR., seorang pakar sejarah jazz nasional dan Yongky Nusantara, juga seorang pakar dan veteran pianis jazz senior kota Bandung) kepada Tarlen Handayani, pendiri dan pengurus utama Toko Buku Kecil (Tobucil) yang berpangkalan di Jl. Kyai Gede Utama no.8. Di tempat mana telah berdiri kelompok-kelompok (klab-klab) peminat sastra, seni dan budaya lainnya, seperti; Klab Baca, Klab Nulis, Klab Nonton dan bahkan Klab Hobby seperti merajut. (Beberapa bulan kemudian tempat di Jl. Kyai Gede Utama no. 8 ini memperkenalkan dirinya dengan Common Room).

    Di Jl. Kyai Gede utama no. 8 inilah pertemuan KlabJazz perdana diselenggarakan. Tepatnya pada tanggal 9 Mei 2004. Awalnya hanya untuk sekedar berkumpul, diskusi kecil, mendengarkan rekaman bersama, nonton video jazz bersama, hingga kemudian berkembang menyelenggarakan workshop beberapa musisi jazz Bandung, Kelas Jazz Terbuka alm. Bpk. Sudibyo P.R., mengurai riwayat jazz dari era ragtime hingga jazzrock di bulan September 2004, hingga diskusi berskala menengah “Perempuan dalam Jazz” bersama pianis/vokalis Imel Rosalin, “Sorot Intrumen Jazz; Biola” bersama penggesek biola Ammy C. Kurniawan, “Jazz dan Fotografi”, “Jazz dan Senirupa”, “What is Jazz?” hingga beragam usaha pertunjukan musik jazz.
    __________

    Sejak bulan September 2006, karena satu dan lain hal, pertemuan mingguan KlabJazz tidak lagi diselenggarakan di Common Room. Dan hingga saat ini KlabJazz masih belum menemukan tempat baru sebagai penggantinya.

Arsip Klab Jazz